Benarkah Rumput Laut Bisa Disulap jadi Pengganti BBM Seperti Kata Prabowo?

- 16 Januari 2024, 18:30 WIB
Prabowo Subianto sebut bisa jadikan rumput laut sebagai BBM
Prabowo Subianto sebut bisa jadikan rumput laut sebagai BBM /Instagram/@prabowo

PRFMNEWS - Selama ini kita mengenal tumbuhan laut berguna untuk makanan atau kosmetik, tapi ternyata ada kegunaan lain lho. Fauna laut ini mempunyai nilai ekonomis bagi kita. Yaitu berpotensi untuk menjadi bahan bakar pengganti bensin atau bioetanol.

Baru-baru ini capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengungkapkan rumput laut bisa menjadi sumber energi.

"Rumput laut itu bisa kita pakai sebagai gantinya pupuk, rumput laut bisa kita jadikan BBM. Luar biasa rumput laut," ucapnya dalam sebuah acara saat menjawab pertanyaan mengenai pengembangan komoditas.

Ternyata hal itu memang bisa dilakukan. Ini diungkap oleh Scientific Director of the Engineering and Technology, Institute Groningen, Belanda, Hero Jan Heeres.

Baca Juga: Sistem IT KAI Diduga Diserang Hacker Pemerasan, Manajemen Beri Penjelasan soal Nasib Data Pelanggan

Mengutip laman resmi ITB, dia menjelaskan biomassa khususnya rumput laut merah dapat jadi solusi untuk melepaskan diri dari ketergantungan dengan bahan bakar fosil termasuk BBM. Rumput laut merah sendiri memiliki berbagai keuntungan.

Misalnya bisa tumbuh di berbagai lingkungan, seperti air tawar, air asin, dan air limbah perkotaan. Tumbuhnya juga relatif cepat dan bisa dipanen dalam waktu enam minggu.

Kandungan karbohidrat rumput laut mencapai 84% dan tidak mengandung lignin yang membuatnya mudah diuraikan. Selain itu juga memiliki senyawa yang penting untuk industri pangan serta farmasi.

"Rumput laut merah mengandung senyawa carrageenan dan agarose," kata Heeres.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x