Prediksi Musim Hujan Segera Berakhir di Awal 2024, Peneliti BRIN Beri Pesan Khusus Bagi Petani

- 6 Januari 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi hujan lebat di jalan raya.
Ilustrasi hujan lebat di jalan raya. /Pixabay/Adege

PRFMNEWS – Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan memprediksi musim hujan di Indonesia akan segera berakhir pada awal tahun 2024.

Eddy menyebut akhir bulan Januari 2024, musim hujan di Indonesia diperkirakan akan mulai berhenti akibat direndam oleh fenomena El Nino moderat yang kini masih eksis.

"Musim hujan mestinya Desember, Januari, dan Februari (DJF), sepertinya tidak sampai Februari hujannya sudah habis karena El Nino itu berawal bulan Mei 2023 dan akan berakhir pada Mei 2024," ungkap dia, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Jumat 5 Januari 2024.

Baca Juga: Respons Wapres soal Tabrakan Kereta di Bandung: Itu Betul-betul Fatal, Ke Depan Harus Lebih Teliti

Eddy pun berpesan kepada para petani jelang prediksi berakhirnya musim hujan yang tak lama lagi agar mempercepat masa tanam sehingga pertumbuhan tanaman bisa lebih maksimal.

“Selagi hujan masih turun, disarankan para petani mempercepat masa tanam agar tanaman yang membutuhkan banyak air bisa berkembang dengan baik,” ucapnya.

Selain itu, opsi lain adalah menanam tanaman tahan kering seperti palawija mengingat fenomena El Nino masih akan berlangsung sekitar empat sampai lima bulan ke depan.

Baca Juga: Korban Luka Tabrakan Kereta di Cicalengka-Haurpugur Dirawat di 6 RS dan Puskesmas

"Meski ada irigasi, sumber air itu tetap berasal dari atas (hujan), kalau kering cepat-cepat menanam saja jangan sampai kehabisan air," pesannya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah