Cegah Macet Arus Balik, Menhub Imbau Pemudik Pulang Lebih Awal atau Tanggal 3 atau 4

- 1 Januari 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi macet akibat libur panjang
Ilustrasi macet akibat libur panjang /PRFM

PRFMNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus balik libur Tahun Baru akan terjadi pada tanggal 1 dan 2 Januari 2024. Masyarakat diimbau untuk mengatur perjalanan untuk menghindari kemacetan di jalur Tol Trans Jawa.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat, khususnya pengguna kendaraan pribadi untuk menghindari melakukan perjalanan balik setelah tanggal 1 dan 2 Januari 2024 guna menghindari kepadatan di Jalur Tol Trans Jawa.

"Kami mengimbau sebaiknya kembali pada tanggal 30 atau 31 Desember 2023. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 1 dan 2 Januari 2024, agar perjalanan lebih nyaman dan lancar," kata Menhub.

Baca Juga: Antisipasi Gempa Susulan, Ratusan Pasien RSUD Sumedang Dievakuasi Keluar Gedung

Budi Karya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh.

"Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Lebih aman dan leluasa," ungkap Budi.

Berdasarkan prediksi Kemenhub, puncak arus balik libur tahun baru akan terjadi pada 1 dan 2 Januari 2024.

Hal ini diperkuat dengan data dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang memproyeksikan kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek mencapai 140 ribu kendaraan atau naik 28 persen dari puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yakni 110 ribu kendaraan.

Mayoritas kendaraan yang akan melakukan perjalanan balik berasal dari arah Timur yaitu arah Trans Jawa).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah