Tiktok Shop Resmi Aktif Lagi Tapi Lewat Tokopedia, Menkop Teten Bilang Begini

- 15 Desember 2023, 08:00 WIB
Sah! TikTok Shop dan GoTo Kerja Sama, Ramaikan Harbolnas Besok
Sah! TikTok Shop dan GoTo Kerja Sama, Ramaikan Harbolnas Besok /gotocompany dan TikTok

PRFMNEWS - Tiktok shop yang sempat ditutup akhirnya kembali aktif lagi sejak Selasa, 12 Desember 2023 atau tepat di momen hari belanja nasional (harbolnas) yang kerap disebut momen 12.12.

Namun tiktok shop yang sekarang bukanlah tiktok shop yang dulu karena tiktok shop sekarang aktif melalui layanan tokopedia yang merupakan salah satu e-commerce lokal yang sudah lama hadir.

Setelah Tiktok Shop hadir kembali, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengingatkan platform media sosial asal China itu untuk mematuhi regulasi dan mengutamakan UMKM di Indonesia.

Baca Juga: Mendag Beri Batas Waktu untuk Periode Uji Coba TikTok Shop Buka Lewat Tokopedia

Dia pun meminta Tiktok Shop bersama GoTo selaku pemilik asli Tokopedia mematuhi regulasi yang berlaku khususnya Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

"TikTok dan GoTo harus ikut mengembangkan program pemerintah, memberdayakan UMKM kita dan membangun bisnis model yang berkelanjutan" kata Menteri Teten.

Beberapa kebijakan dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang menurut Menteri Teten harus dipatuhi TikTok dan GoTo, pertama adalah tentang kebijakan multichannel di e-commerce, yakni kepatuhan dengan aturan pemisahan e-commerce dari media sosial.

Baca Juga: TikTok Shop Buka di Tokopedia, MenKop UKM Beri 6 Peringatan Terkait Operasional Sebagai E-Commerce

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x