Ridwan Kamil: Patung Soekarno-Mohammad Hatta Akan Dibangun di IKN, Desain Istana Presiden Khas Indonesia

- 14 Desember 2023, 08:00 WIB
Ridwan Kamil.
Ridwan Kamil. /ANTARA/Yashinta Difa Pramudyani/

PRFMNEWS – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memiliki patung Soekarno dan Mohammad Hatta. Patung itu akan dibangun sebagai simbol penghormatan untuk tokoh proklamator kemerdekaan RI tersebut.

“Di IKN akan dibangun penghormatan untuk pahlawan proklamasi, berupa patung Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai simbol bapak bangsa Indonesia,” kata Ridwan Kamil usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 12 Desember 2023.

Ridwan Kamil yang diberi mandat oleh Presiden Jokowi sebagai kurator pembangunan IKN juga menyatakan desain interior maupun eksterior bangunan Istana Kepresidenan di IKN akan berbeda dengan Istana Kepresidenan di Jakarta.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Masukan ke Presiden Jokowi Terkait Pembangunan IKN

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyebut bangunan Istana Kepresidenan di IKN akan sepenuhnya mengusung budaya Indonesia, berbeda dengan di Jakarta yang berkonsep kolonial.

“Kita ini sangat kaya dengan sumber inspirasi, jadi istananya jangan seperti ini yang budaya Barat. Nantinya Istana Presiden (di IKN) akan diwarnai cerita rakyat, batik dari seluruh Nusantara, ragam hias, folklore, semua yang menampilkan etalase kekayaan kita dalam bentuk arsitektur,” jelas dia.

“Kita akan sangat bangga punya tempat yang dibangun oleh bangsa sendiri, menampilkan keragaman budaya kita yang luar biasa,” imbuhnya.

Kang Emil menambahkan, Presiden Jokowi akan berkunjung kembali ke IKN pekan depan dengan agenda peresmian sejumlah pembangunan proyek infrastruktur.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x