Debat Perdana, Makna Senyuman Capres Ganjar Dibongkar Pakar Mikroekspresi

- 14 Desember 2023, 07:00 WIB
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU /Antara/Galih Pradipta/

PRFMNEWS - Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Monica Kumalasari menjelaskan arti di balik senyuman yang sering diberikan oleh calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, selama debat perdana capres-cawapres di kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 12 Desember 2023 malam.

Monica menyebut senyuman yang kerap ditebar capres Ganjar Pranowo sepanjang debat perdana berlangsung menunjukkan dominasi perasaannya yang menjadi bagian dari mikroekspresi.

“Ekspresi senyuman tersebut ditunjukkan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya ia rasakan,” kata Monica, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 13 Desember 2023.

Baca Juga: Debat Capres, Anies Sentil Jawaban Ganjar Soal Kasus Kanjuruhan dan KM 50

Pakar gestur dan mikroekspresi berlisensi dari Inggris itu menambahkan, ekspresi senyuman dapat dirasakan sebagai pesan non verbal bahwa Ganjar ingin menunjukkan ketenangannya.

Senyum itu juga dapat diartikan bahwa Ganjar ingin menampakkan bahwa ia tidak terpengaruh dengan respon lawan mainnya saat itu, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

“Ekspresi ini menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan bisa dirasakan sebagai pesan non verbal ‘Saya tidak menyerang Anda atau saya tidak terpengaruh dengan respon Anda’,” ungkap Monica.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Debat Capres Intinya Ungkap Visi Misi, Sisanya Diselingi Gimmik Menghibur

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x