Ridwan Kamil: Debat Capres Intinya Ungkap Visi Misi, Sisanya Diselingi Gimmik Menghibur

- 13 Desember 2023, 19:15 WIB
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto (tengah) sedang berbincang dengan cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka (kedua kanan) dan tim sukses mereka usai menyampaikan visi-misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto (tengah) sedang berbincang dengan cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka (kedua kanan) dan tim sukses mereka usai menyampaikan visi-misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). /ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU/

PRFMNEWS – Ridwan Kamil mengatakan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) intinya adalah momen penyampaian visi dan misi dari masing-masing pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024.

“Sehingga sisanya bisa diselingi dengan sesuatu yang menghibur seperti gimik,” ujar Ridwan Kamil usai pelaksanaan debat perdana capres-cawapres yang berlangsung di kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 12 Desember 2023 malam.

Ridwan Kamil yang merupakan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Provinsi Jawa Barat itu menjelaskan konteks gimmick menghibur tersebut sudah dilakukan oleh Prabowo selama pelaksanaan debat perdana Selasa malam.

Baca Juga: Debat Capres, Anies Sentil Jawaban Ganjar Soal Kasus Kanjuruhan dan KM 50

Dalam momen debat perdana, capres nomor urut 2 itu terlihat paling banyak menunjukkan bahasa tubuh yang mengundang gelak tawa dari penonton yang hadir langsung di lokasi.

Bahasa tubuh seperti berjoget, gerakan silat, dan menggerakkan bibir seperti mencibir kerap dipertontonkan sang Menteri Pertahanan yang maju dalam Pilpres 2024 didampingi oleh cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menilai bahwa debat calon presiden dan wakil presiden tidak terlalu signifikan mengubah angka elektabilitas dalam Pilpres 2024.

Menurut mantan gubernur Jawa Barat itu perhitungan angka elektabilitas setelah debat tidak terlalu mempengaruhi pilihan calon pemilih nanti.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x