Bertabur Tanggal Merah di 2024, Ini Daftar Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Resmi dari Pemerintah

- 4 Desember 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi cuti bersama 2024
Ilustrasi cuti bersama 2024 /Pexels/Nai Jose/

PRFMNEWS – Pemerintah telah menetapkan daftar tanggal libur nasional dan cuti bersama sepanjang tahun 2024. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 855, No. 3, dan No. 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Total jumlah hari libur nasional (tanggal merah) dan cuti bersama sepanjang 2024 berdasarkan SKB yang ditandatangani oleh 3 Menteri tersebut pada 12 September 2023 lalu ada 27 hari. Rinciannya adalah 17 hari libur nasional dan cuti bersama sebanyak 10 hari.

Penerbitan SKB Tiga Menteri ini dilakukan dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta dalam melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2024.

Baca Juga: Daftar Tanggal Cuti Bersama Libur Natal dan Tahun Baru 2024, ‘Banjir’ Long Weekend di Akhir dan Awal Tahun

Penetapan libur nasional dan cuti bersama momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah (H) dan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Kurban 1445 H juga tercantum dalam SKB 3 Menteri tersebut sesuai Keputusan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“Pelaksanaan cuti bersama sebagaimana dimaksud mengurangi hak cuti tahunan pegawai/karyawan/pekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku pada setiap unit kerja/satuan organisasi/lembaga/perusahaan,” bunyi SKB tersebut.

Selanjutnya disebutkan, pelaksanaan cuti bersama bagi aparatur sipil negara (ASN) dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sedangkan pelaksanaan cuti bersama bagi lembaga/instansi swasta diatur oleh pimpinan masing-masing.

Baca Juga: Sampaikan Amanah Rakyat Indonesia, DT Peduli Santuni Pasien dari Gaza

“Keputusan bersama ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi SKB.
Berikut daftar lengkap hari libur nasional 2024:

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x