BMKG Peringatkan Risiko Terjadinya Banjir Rob Awal Desember Ini

- 27 November 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi banjir rob
Ilustrasi banjir rob //Dok PRFM

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk bersiaga terhadap risiko terjadinya banjir rob pada awal Desember tahun 2023 ini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyatakan bahwa banjir pesisir atau banjir rob berpeluang terjadi di sejumlah daerah hingga awal Desember.

Guswanto melanjutkan, peningkatan tinggi pasang air laut maksimum akibat fenomena perigee, yang terjadi saat bulan berada di titik terdekat dengan bumi, berisiko menimbulkan banjir rob.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Jajan Pempek di Kota Bandung, Cek Lokasinya di Sini

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," ujarnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Berdasarkan pantauan tinggi level air dan prediksi pasang surut, Guswanto menjelaskan, banjir rob berpeluang terjadi di daerah pesisir Sumatera Utara seperti Medan Belawan, Medan Marelan, dan Medan Labuhan dari 23 November sampai 1 Desember 2023.

Selain itu, banjir rob berpeluang melanda daerah pesisir Bandar Lampung dari 27 November sampai 1 Desember 2023, daerah pesisir barat dan selatan Banten dari 26 sampai 30 November 2023, dan daerah pesisir utara Jakarta dari 26 November sampai 2 Desember 2023.

Baca Juga: Gara-gara Hoax Harimau Lepas di Bandung, Alshad Ahmad Didatangi Polisi

Daerah pesisir Jawa Tengah seperti Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang menurut BMKG menghadapi potensi banjir rob dari 1 sampai 23 November 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah