Jokowi Ungkap Daftar Bantuan Kemanusiaan Dikirim Indonesia ke Palestina

- 5 November 2023, 13:05 WIB
Presiden Jokowi saat memeriksa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu 4 November 2023.
Presiden Jokowi saat memeriksa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu 4 November 2023. /Tangkap layar /Instagram @sekretariat.kabinet

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman barang bantuan kemanusiaan tahap pertama dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu 4 November 2023.

Presiden Jokowi mengatakan total barang bantuan kemanusiaan tahap pertama yang dikirimkan ke Palestina menggunakan tiga pesawat ini seberat 51,5 ton.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujar Jokowi, Sabtu 4 November 2023.

Baca Juga: Kondisi Terkini Kesehatan Luhut Binsar Pandjaitan Usai 1 Bulan Dirawat di Singapura, Ada Sesuatu yang Berbeda

Daftar barang bantuan kemanusiaan ini, beber Presiden, terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari Baznas, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya, kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” terangnya.

Jokowi mengaku pemerintah Indonesia tengah menyiapkan pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina. Ia menyebut pengiriman bantuan ini merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina, serta kepedulian bangsa Indonesia terdapat kemanusiaan.

Baca Juga: Di Kota Bandung Ada Museum Patah Hati, Cocok Bagi Kamu yang Lagi Sedih Ditinggal Pacar

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah