Hari Pertama Kerja Kembali Jadi Mentan, Andi Amran Langsung Berupaya Tingkatkan Produksi Beberapa Komoditas

Tayang: 26 Oktober 2023, 10:30 WIB
Penulis: TIM PRFM
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Andi Amran Sulaiman saat memberikan keterangan pers di Kantor Kementan Rabu, 25 Oktober 2023.
Andi Amran Sulaiman saat memberikan keterangan pers di Kantor Kementan Rabu, 25 Oktober 2023. /Kementan/

PRFMNEWS - Usai resmi dilantik sebagai Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman langsung mendatangi kantor Kementerian Pertanian (Kementan) untuk langsung melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan para pejabat di lingkungan Kementan.

Amran yang bukan orang asing di Kementan akan langsung fokus bekerja untuk memperkuat produksi berbagai komoditas strategis seperti padi, jagung, dan kedelai yang merupakan kebutuhan pokok di Indonesia.

Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta Indonesia meningkatkan produksi berbagai komoditas strategis. Amran mengaku optimis target tersebut dapat tercapai seperti yang pernah dilakukan pada 2017 dan 2021 lalu.

Baca Juga: Andi Amran Sulaiman Resmi Jadi Mentan Pengganti SYL yang Terlibat Korupsi

"Satu tahun ini saya fokus pada produksi padi, jagung dan kedelai. Kita menekan dulu impor agar bisa swasembada," ujar Mentan di hari pertama masuk kerja Rabu kemarin.

Amran mengatakan semua program yang baik untuk kepentingan bangsa dan negara akan dilanjutkan. Dia mencontohkan jaman dia memimpin Kementan pada 2014-2019 ada program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau yang dikenal dengan Program Serasi.

"Semua program yang baik akan kita lanjutkan. Kita sudah pernah swasembada dan harus kita capai kembali," katanya.

Adapun saat ditanya mengenai perubahan cuaca ekstrem akibat el nino yang saat ini tengah berlangsung, Amran mengaku sudah pernah melalui masa sulit tersebut pada tahun 2015. Waktu itu, el nino dapat dilewati dan produksi tetap tinggi.

Baca Juga: Puan Buka Suara soal Video Megawati Hempaskan Tangan Jokowi dan Isu Permintaan Presiden 3 Periode

"Kita sudah pernah melewati el nino dengan sangat baik. Jadi tahun ini kita hadapi juga dengan cara yang terbaik," katanya.

Terkahir, Mentan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang selama ini menjalankan roda pembangunan pertanian Indonesia. Salah satu yang paling berjasa adalah Presiden Joko Widodo yang memberi perhatian besar pada sektor pangan.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada presiden telah memberikan amanah dan kepercayaan ini. Padahal sebelumnya saya tidak pernah membayangkan akan kembali ke sini (kementan)," jelasnya.***


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub