Pemerintah Siapkan Sejumlah Kebijakan Terkait Pemberantasan dan Penanganan Narkoba

- 12 Oktober 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi Narkoba.
Ilustrasi Narkoba. /PRFM

PRFMNEWS - Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah kebijakan yang menyasar para pengguna, pengedar, hingga bandar narkoba.

Pembahasan kebijakan tersebut, disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas) mengenai pemberantasan dan penanganan narkoba di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan kebijakan terkait pemberantasan dan penanganan narkoba.

"Yang paling banyak tentu yang jadi korban itu pengguna, yang menyebabkan lapas-lapas [lembaga permasyarakatan] itu sudah sangat padat," ujar Mahfud MD dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta.

"Kemudian, untuk pengedar, bandar dan sebagainya nanti akan diadakan tindakan-tindakan tertentu yang sekarang sedang dirancang oleh Polri, oleh Kepala BNN,” lanjutnya.
Selain itu, sejumlah infrastruktur pendukung juga sedang dipersiapkan.

Salah satunya mempersiapkan lapas dengan sistem keamanan tinggi yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Kemenkumham itu sudah menyiapkan penjara atau lapas yang super security, yang nanti juga insyaallah akan ditinjau oleh Presiden. Untuk satu peresmiannya mungkin di Nusa Kambangan,” katanya

Pihaknya juga tengah mengkaji pemberian grasi massal kepada para pengguna narkoba.

"Itu nanti akan diteliti satu-satu, lalu kita akan usulkan pemberian grasi massal," ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x