Presiden Jokowi Minta Para Menteri Lakukan Mitigasi Dampak El Nino

- 4 Oktober 2023, 13:40 WIB
 Presiden Jokowi pimpin ratas mitigasi dampak El Nino, di Istana Merdek, Jakarta, Selasa (03/10/2023).
Presiden Jokowi pimpin ratas mitigasi dampak El Nino, di Istana Merdek, Jakarta, Selasa (03/10/2023). / Humas Setkab/Rahmat

PRFMNEWS - Fenomena El Nino membuat banyak daerah di Indonesia mulai mengalami berbagai macam masalah mulai dari kekeringan, gagal panen, hingga adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas tentang Mitigasi Dampak Fenomena El Nino di Istana Merdeka Jakarta Selasa kemarin meminta agar semua pihak untuk melakukan pemetaan secara komprehensif dampak el nino ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan, ada beberapa arahan dari Presiden Jokowi, khususnya untuk ketersediaan air dan juga pangan.

Baca Juga: Ada Kekeringan Dampak El Nino, Bupati Dadang Supriatna Beri Keringanan Bagi Pelanggan Perumda Tirta Raharja

“Intinya arahan yang disampaikan Bapak Presiden ada tiga hal, yaitu pertama, pemetaan persoalan secara komprehensif; yang kedua, fokus untuk strategi tersedianya air; dan yang ketiga, daerah sentra produksi pangan agar dicek terus-menerus untuk kecukupan air,” ujar Siti.

Siti mengungkapkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengidentifikasi sumber-sumber air untuk menyuplai air terutama untuk lahan pertanian.

“Tadi Menteri PU melaporkan bahwa dari kurang lebih 114 danau, kemudian 323 situ/ranu, maupun embung, itu kira-kira antara 60 sampai 80 persen masih efektif, jadi masih bisa teratasi,” ujar Siti.

Baca Juga: Dampak El Nino, Polisi Pasang Imbauan Bahaya Karhutla dan Kekeringan Ekstrem

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x