Dampak El Nino, Polisi Pasang Imbauan Bahaya Karhutla dan Kekeringan Ekstrem

- 5 September 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi kekeringan
Ilustrasi kekeringan /Pixabay

PRFMNEWS - Fenomena El Nino memicu kenaikan suhu udara dan kekeringan ekstrem yang berdampak signifikan terhadap warga Jawa Tengah.

Kekeringan ekstrem tersebut, dapat berpotensi memicu kebakaran lahan dan hutan serta kekurangan air bagi kebutuhan warga.

Akibat kekeringan ini, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto mengimbau masyarakat agar berhati-hati.

Baca Juga: Ini Langkah Perumda Tirta Raharja untuk Penuhi Kebutuhan Air Pelanggan di Tengah Kekeringan Dampak El Nino

"Kebakaran hutan serta kebakaran di permukiman warga dan jalan tol saat ini kita waspadai. Untuk itu warga masyarakat di Jawa Tengah agar berhati-hati," ungkap Stefanus dikutip prfmnews.id dari Tribata News.

Berdasarkan pada fenomena kebakaran hutan, ia mengimbau warga dan para pendaki untuk tidak menyalakan api dan membuang puntung rokok secara sembarangan.

"Karena salah satu penyebab kebakaran adalah faktor manusia. Untuk itu diimbau tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan karena faktor manusia," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Upayakan Distribusi Pasokan Bahan Pokok Tetap Terjaga di Tengah Fenomena El Nino

Menurutnya, Jawa Tengah mempunyai sejumlah gunung yang menjadi favorit para pendaki gunung. Di antaranya, Gunung Lawu, Merapi, Merbabu, Slamet, Sindoro, Sumbing dan Gunung Ungaran.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x