Pengamat Bahas Peluang Ridwan Kamil Cawapres Ganjar hingga Kecocokan Keduanya untuk Maju di Pilpres 2024

- 10 September 2023, 20:00 WIB
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil /

PRFMNEWS – Pengamat Politik Ade Reza Hariyadi menyampaikan pandangannya terkait peluang mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Selain itu, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) ini memberi penjelasan terkait penilaiannya bahwa Ridwan Kamil cocok menjadi pendamping Ganjar Pranowo karena dapat mendongkrak suara mantan gubernur Jawa Tengah tersebut di Jawa Barat. Sebab, Ridwan Kamil menguasai suara di Jabar.

"Karena bagaimanapun juga basis politik suara Pak Ganjar utamanya berada di Jateng dan Jabar merupakan salah satu wilayah dengan konsentrasi pemilih yang paling besar di Indonesia. Jadi, mungkin itu menjadi pertimbangan," kata Reza, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Minggu 10 September 2023.

Baca Juga: Lebih dari 2.000 Orang Tewas dalam Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,8 di Maroko

Reza lanjut menjelaskan terkait peluang Ridwan Kamil menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Menurut dia, tidak mudah untuk meminang Kang Emil sebagai pendamping Ganjar. Pasalnya, mantan wali kota Bandung periode 2013-2018 tersebut saat ini sudah menjadi kader Partai Golkar.

Agustus lalu, Golkar telah bergabung dalam koalisi parpol pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Meski begitu, ujar Reza, peluang untuk merealisasikan pasangan Ganjar-Kang Emil belum sepenuhnya tertutup.

Reza melihat dinamika politik masih sangat cair. Selama belum didaftarkan nama paslon belum didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), kejutan-kejutan masih mungkin terjadi.

"Jadi, peluang Pak Ganjar dan Pak Ridwan Kamil untuk berduet saya kira sangat terbuka sekali," ungkap dia.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ribuan Ikan Muncul ke Permukaan Laut karena Limbah Nuklir Jepang?

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x