Khawatir Berdampak Negatif Pada Anak, Komnas PA Minta Masyarakat Stop Gunakan Kata 'Anjay'

Tayang: 30 Agustus 2020, 09:10 WIB
Penulis: Asep Yusuf Anshori
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait.
Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait. /ANTARA/Muhammad Zulfikar


PRFMNEWS - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) angkat bicara terkait polemik kata 'anjay' yang tengah viral di media sosial. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengaku khawatir kata 'Anjay'  berdampak negatif pada anak.

Melalui siaran pers yang diterima redaksi PRFM, Sabtu 29 Agustus 2020, menurutnya penggunaan istilah 'Anjay' harus dilihat dari sudut pandang, tempat dan peristiwa.

"Misalnya, "Waoo.. keren", untuk memuji salah satu produk yang dilihatnya di media sosial diganti dengan istilah "anjay" untuk satu aksi pujian ini tidak mengandung kekerasan atau bully di mana istilah tersebut tidak menimbulkan ke tersinggungan dan sakit hati dan merugikan sekalipun," jelas Arist.

Baca Juga: Banyak yang Tak Bermasker, Tanggapan Warga : Denda Sudah Ada Kenapa Tidak Diterapkan?

Arist menilai, kata 'anjay' bermakna kasar. Kata 'anjay' bersifat merendahkan orang lain sehingga memenuhi unsur kekerasan verbal.

"(Misalnya) 'Anjingnya juga dia itu', nah jika kata ini tidak menimbulkan kemarahan kepada subjeknya maka kata "anjing" dianggap hal biasa," katanya.

Berdasarkan pengalaman Arist di masa kecil di daerah Sumatera Utara sering mendengar salah satu kata pujian menggunakan kata 'anjing'. Namun, penggunaan kata itu tidak menimbulkan kemarahan atau ketersinggungan seseorang dan dianggap kata 'anjing' itu hal yang biasa.

"Demikian juga sebutan kata kasar kepada seseorang sahabatnya yang telah lama tak berjumpa misalnya, ketika dua sahabat itu berjumpa dan saling menyapa-menyapa dengan teriakan menggunakan kata-kata kotor, kemudian disambut dengan gelak tawa, maka adegan dan sapaan itu tidaklah bentuk kekerasan," jelasnya.

Baca Juga: INFO KEHILANGAN : Keluarga Ini Dilaporkan Hilang Sejak 2016 Lalu

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub