Jemaah Haji Kloter Terakhir Telah Dipulangkan ke Tanah Air

- 4 Agustus 2023, 12:30 WIB
Jemaah haji Jemaah haji kloter terakhir yaitu kloter 88 embarkasi Surabaya yang pulang ke Indonesia.
Jemaah haji Jemaah haji kloter terakhir yaitu kloter 88 embarkasi Surabaya yang pulang ke Indonesia. /Kemenag/

PRFMNEWS - Jemaah haji kloter terakhir yaitu kloter 88 embarkasi Surabaya telah diberangkatkan dari Madinah ke Surabaya melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) pada Rabu, 3 Agustus 2023 lalu.

Dengan dipulangkannya jemaah haji kloter terakhir itu maka operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M di Daerah Kerja (Daker) Madinah telah berakhir.

“Alhamdulillah, seluruh kloter jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua, hari ini sudah meninggalkan hotel di Madinah. Mereka diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) untuk selanjutnya terbang ke Surabaya,” terang Kepala Daerah Kerja Madinah Zaenal Muttaqin di Madinah, Rabu lalu.

Baca Juga: Menag Pastikan Pihaknya Masih Terus Upayakan Pencarian Jemaah Haji Asal Palembang yang Masih Hilang

“Hal ini sekaligus menandai berakhirnya operasional ibadah haji 2023 di Daker Madinah. Untuk kloter terakhir, SUB 88, akan terbang pada 4 Agustus dini hari,” sambungnya.

Zaenal Muttaqin bersyukur, seluruh operasional haji berjalan lancar. Selama di Madinah, jemaah dapat menjalankan ibadah di Masjid Nabawi serta berziarah ke beberapa tempat.

“Untuk memfasilitasi jemaah haji gelombang kedua ini, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi telah menyiapkan 100 hotel dengan total 111.457 kapasitas. Semuanya berada di wilayah markaziah dengan jarak terdekat 15 m dan terjauh sekitar 600 m dari Masjid Nabawi,” sebutnya.

Baca Juga: Penyelenggaraan Haji 2024 akan Gunakan 3 Skema Baru Lebih Baik, Kemenag: Kami Pelajari Banyak Hal di 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah