21 Daftar Singkatan Unik Nama Jalan Tol yang Ada di Indonesia, Ada yang Dibangun Sejak 1978

- 19 Juli 2023, 12:20 WIB
Situasi kendaraan di ruas jalan Tol Purbaleunyi. Korlantas Polri akan hapus surat kepemilikan dari registrasi bila pemilik tidak menungak pajak sampai 2 tahun.
Situasi kendaraan di ruas jalan Tol Purbaleunyi. Korlantas Polri akan hapus surat kepemilikan dari registrasi bila pemilik tidak menungak pajak sampai 2 tahun. /Portal Bandung Timur/hp siswanti/

PRFMNEWS - Jalan tol di Indonesia berkembang semakin banyak dengan daya jangkau kian luas dan merata. Jalan tol menjadi infrastruktur yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat karena fungsinya untuk memudahkan mobilitas.

Kamu tentunya sering bolak-balik lewat jalan di jalan tol, namun kamu mungkin pernah bingung sedang melaju dijalan tol mana. Selain itu, tidak banyak yang mengetahui apa sih makna dari jalan tol.

Seluruh nama jalan tol di Indonesia merupakan singkatan dari wilayah atau daerah dimana tol berada.

Baca Juga: Di Mana Lokasi Masuk Tol Cisumdawu dari Tol Cipali? Jangan Sampai Kelewatan

Kalau kamu belum akrab dengan singkatan jalan tol tersebut, berikut ini beberapa singkatan jalan tol di Indonesia dan kepanjangannya.

1. Tol Jagorawi

Tol Jagorawi merupakan jalan bebas hambatan pertama di Indonesia yang beroperasi sejak 1978. Tidak heran jika kebiasaan penggunaan akronim untuk nama jalan tol sudah ada sejak lama.

Tol Jagorawi merupakan singkatan dari Jakarta – Bogor – Ciawi. Jalan tol sepanjang 59 km ini menghubungkan wilayah Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor dan Ciawi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x