Isu Adanya Hubungan Antara Pondok Pesantren Al Zaytun dengan NII Sedang Dikaji BNPT

- 8 Juli 2023, 17:53 WIB
Masjid Rahmatan Lil Alamin yang berada di Pondok Pesantren Al Zaytun di Gantar, Indramayu, Jawa Barat, Selasa 4 Juli 2023).
Masjid Rahmatan Lil Alamin yang berada di Pondok Pesantren Al Zaytun di Gantar, Indramayu, Jawa Barat, Selasa 4 Juli 2023). /ANTARA/Dedhez Anggara

PRFMNEWS - Isu yang beredar menyebut adanya hubungan antara Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu dengan Negara Islam Indonesia (NII) saat ini sedang dikaji oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ahmad Nurwakhid mengungkapkan, BNPT mengkaji apakah saat ini masih ada afiliasi dan keterkaitan antara Al Zaytun dengan gerakan NII.

Menurut ahmad, pengkajian ini dilakukan karena secara historis memang ada keterkaitan antara Al Zaytun dan gerakan NII.

Baca Juga: Kota Bandung Pamerkan Patrakomala dan Angklung di Pekan Kerajinan Jawa Barat

"Persoalannya adalah apakah sampai saat ini masih ada, tentu ini masih dalam proses kajian dan pendalaman BNPT bersama dengan stakeholder terkait lainnya," ujarnya seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA, Sabtu 8 Juli 2023.

Keterkaitan antara Al Zaytun dengan NII kembali diungkit dan mencuat ke permukaan setelah Pondo Pesantren yang dipimpin Abu Toto alias Panji Gumilang tersebut mendapatkan sorotan publik soal isu dugaan penistaan agama dan isu lainnya.

Sebagaimana diketahui DI/TII atau NII merupakan kelompok jaringan radikal terorisme melalui gerakan pemberontakan yang dipimpin Marijan Kartosuwiryo.

Baca Juga: JKT48 Summer Tour 2023 Digelar di Bandung Minggu 9 Juli, Ini Lokasinya

Namun pascareformasi, UU Anti Subversi Nomor 11/ PNPS /1963 dicabut sehingga negara tidak punya instrumen hukum untuk menjerat gerakan dan organisasi ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah