Setiap Jemaah Dapat 10 Liter, Begini Skema Distribusi Air Zamzam Bagi Jemaah Haji Indonesia

- 5 Juli 2023, 07:00 WIB
Jemaah Haji Indonesia dilarang bawa air zamzam dalam koper
Jemaah Haji Indonesia dilarang bawa air zamzam dalam koper /M. Arief Gunawan / Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Jemaah haji asal Indonesia akan mendapat jatah air zamzam sebanyak 10 liter atau lebih banyak 5 liter dari biasanya.

Keputusan penambahan jatah air zamzam bagi jemaah haji kali ini merupakan keputusan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam kurun lebih dari 10 tahun terakhir, jemaah haji Indonesia mendapat air zamzam sebanyak 5 liter yang sudah dikemas dalam galon yang dimasukkan dalam kardus dan dibagikan ke jemaah setibanya di asrama haji debarkasi. Air Zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jemaah haji.

Baca Juga: Menag Pastikan Jemaah Haji Dapat 10 Liter Air Zamzam yang Akan Dibagikan di Debarkasi

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menjelaskan, nantinya 5 liter air zamzam akan diberikan kepada jemaah haji saat tiba di debarkasi.

Sementara 5 liter lainnya akan diberikan kepada jemaah melalui Kantor Kemenag di setiap kabupaten/kota.

"Setibanya di asrama haji debarkasi, jemaah akan menerima 5 liter air Zamzam. Untuk 5 liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag Kab/Kota pada kesempatan berikutnya," terang Saiful dikutip Rabu, 5 Juli 2023.

Menurut Saiful, setelah kebijakan menambah air zamzam disepakati, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan. Rakor secara daring digelar untuk menyepakati teknis pengiriman air Zamzam tambahan bagi jemaah haji Indonesia.

Baca Juga: Ketahuan Bawa Air Zamzam, Petugas Bakal Bongkar Koper Jemaah Haji

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah