14 Tradisi Unik di Indonesia dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Selalu Bikin Rindu

- 6 Maret 2023, 12:40 WIB
Munggahan Bulan Ramadhan (puasa) memberi makna yang mendalam bagi masyarakat di Kampung Cipinang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Munggahan Bulan Ramadhan (puasa) memberi makna yang mendalam bagi masyarakat di Kampung Cipinang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. /Antara/

PRFMNEWS - Bulan puasa sudah di depan mata. Untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, beberapa daerah di Indonesia punya tradisi yang khas dan sarat makna.

Sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia, tidak heran kalau dalam menyambut bulan Ramadhan, masyarakat Indonesia sangat antusias. Sehingga, terciptalah berbagai tradisi unik di berbagai daerah.

Tradisi atau kebiasaan ini sudah dilaksanakan secara turun temurun, dan menciptakan suasana akan datangnya bulan suci di mana seluruh umat Islam melaksanakan puasa.

Baca Juga: Program Pemkot Bandung Sambut Ramadhan, Tukar Sampah dengan Minyak Goreng Premium

Munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Acara ini biasanya dilakukan pada akhir bulan Syaban, satu atau dua hari menjelang Ramadhan.

Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama dan saling bermaafan serta berdoa bersama.

Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, serta mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa).

Baca Juga: Muhammadiyah Umumkan Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 2023 dan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x