Temui Pejabat Ini, Warga Badui Tempuh Ratusan Kilometer Menuju Pusat Banten dalam Tradisi Seba

- 8 Mei 2022, 07:00 WIB
Warga Suku Baduy Dalam berjalan kaki ke Rangkasbitung untuk mengikuti ritual tradisi Seba Baduy di Cimarga, Lebak, Banten, Jumat (6/5/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/tom/am.
Warga Suku Baduy Dalam berjalan kaki ke Rangkasbitung untuk mengikuti ritual tradisi Seba Baduy di Cimarga, Lebak, Banten, Jumat (6/5/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/tom/am. /

PRFMNEWS - Masyarakat Badui merupakan salah satu kelompok adat yang masih ada di Indonesia dan memiliki beberapa tradisi, di antaranya adalah Seba, yang sudah dijalankan secara turun temurun.

Menempuh ratusan kilometer, warga Badui akan menempuh perjalanan dengan jalan kaki menuju pusat Pemerintahan Banten untuk menemui Gubernur Wahidin Halim dalam tradisi Seba.

Tidak kurang dari 160 kilometer jarak yang akan ditempuh dalam tradisi Seba, ratusan warga Badui akan menemui Gubernur Banten Wahidin Halim dan pejabat lainnya.

Baca Juga: Viral Anak SD Kebal Jarum Suntik Vaksin Disebut Suku Baduy? Begini Penjelasan Kepala TU Puskesmas

Seperti yang disampaikan oleh Ardi, salah seorang warga Badui Dalam yang mengikuti tradisi Seba tahun ini. Dia mengatakan sejak pagi mereka sudah melakukan perjalanan menuju pusat Pemerintahan Banten.

"Kami hari ini berangkat pukul 04:00 WIB ke Gubernur Banten setelah merayakan Seba bersama Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan pejabat lainnya," ucapnya, seperti dikutip prfmnews.id dari Antara, Sabtu, 7 Mei 2022.

Sebelum melaksanakan tradisi Seba, mereka terlebih dahulu melakukan ritual bernama Kawalu, yaitu tradisi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: Gelar Ritual Kawalu, Hingga Saat Ini Warga Badui Terbebas dari Corona

Saat masa ritual Kawalu, kawasan Badui akan ditutup untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Badui.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x