Hadiri Puncak Acara HPN 2023, Presiden Jokowi Titip 3 Pesan Khusus untuk Media Massa

- 9 Februari 2023, 19:50 WIB
Presiden Jokowi makan durian bersama insan pers Indonesia.
Presiden Jokowi makan durian bersama insan pers Indonesia. /Dok. Setkab

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan tiga pesan utama untuk insan pers dalam media massa atau disebut pula media arus utama (media mainstream).

Pesan utama kepada media massa ini disampaikan Presiden Jokowi saat sambutan di acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis 9 Februari.

Tiga pesan khusus ini dititipkan Presiden Jokowi kepada insan media massa mengingat saat ini masyarakat sudah sangat bebas mengakses bahkan membuat informasi sendiri di berbagai platform digital dan media sosial yang kadang kebenarannya masih belum terjamin.

Baca Juga: Diduga Korupsi, Mantan Kepala KCP bjb Pangalengan jadi Tersangka

Sehingga di tengah derasnya arus informasi melalui berbagai platform media digital dan media sosial, Jokowi berpesan yang pertama agar media arus utama memegang kendali peran untuk menjadi rumah penjernih informasi.

Di mana media massa harus berperan menyajikan informasi yang terverifikasi dan menyuarakan harapan bagi masyarakat.

“Media mainstream justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Penting sekali menjadi clearing house of information, menyajikan informasi yang terverifikasi, dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan kepada kita semua,” ujar Presiden.

Baca Juga: Stok Minyakita di 3 Pasar Bandung ini Ditambah oleh Kemendag, Pemkot Pastikan Tak Ada Kelangkaan

Jokowi menambahkan, peran utama media massa saat ini semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta, terutama di tengah keganasan post-truth, pascafakta dan pascakebenaran.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x