Terjadi Peningkatan Akvitas Kawah Gunung Bromo, Terlihat Sinar Api

- 4 Februari 2023, 17:01 WIB
Pijaran api di kawah Gunung Bromo yang mengalami peningkatan aktivitas pada Rabu 3 Februari 2023 malam. Simak update terkini per hari ini.
Pijaran api di kawah Gunung Bromo yang mengalami peningkatan aktivitas pada Rabu 3 Februari 2023 malam. Simak update terkini per hari ini. /PVMBG Badan Geologi

PRFMNEWS - Terjadi peningkatan aktivitas kawah gunung api Bromo pada hari ini 4 Februari 2023 Pukul 08.00 WIB.

Peningkatan aktivitas kawah gunung api Bromo berupa teramatinya sinar api dari dalam kawah Gunung Api Bromo berdasarkan pengamatan visual pada tanggal 3 Februari 2023 pukul 21.14 WIB.

Perkembangan terakhir aktivitas kawah gunung api Bromo hingga pagi hari ini adalah sebagai berikut, dilansir Redaksi Radio PRFM dari Badan Geologi.

Baca Juga: Pertandingan Persib Bandung vs PSS Sleman di Stadion Mana? Umuh Muchtar Berikan Jawaban

Bau belerang tercium kuat dari bibir kawah dan terdengar suara gemuruh. Asap kawah dalam 1 minggu terakhir teramati berwarna putih tipis hingga tebal dengan ketingian 50-900 meter dari puncak.

Vegetasi pada dinding kaldera sebelah timur berwarna kuning dan mengering akibat paparan asap kawah Gunung Api Bromo.

Pengamatan kegempaan menunjukkan masih terekamnya tremor menerus dengan amplitudo 0.5 – 1 mm (dominan 0.5 mm) yang disertai pula terekamnya Gempa Vulkanik Dalam dan Gempa Vulkanik Dangkal.

Baca Juga: Ayo Donasi Rambut untuk Anak-anak Pejuang Kanker di Bandung, Begini Caranya

Hal ini menunjukkan adanya proses fluktuasi tekanan di dalam tubuh G.Bromo yang disertai oleh aliran fluida ke permukaan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x