Begini Kata Konimex Usai BPOM Tarik Obat Sirup Termorex dengan Cemaran EG Berlebih

- 21 Oktober 2022, 15:30 WIB
Daftar Termorex Obat Sirup yang Diduga Mengandung Etilen Glikol, Diantaranya Termorex Sirup, Begini Penjelasan BPOM
Daftar Termorex Obat Sirup yang Diduga Mengandung Etilen Glikol, Diantaranya Termorex Sirup, Begini Penjelasan BPOM /Foto/Ilustrasi/Blibli

PRFMNEWS – PT Konimex buka suara setelah salah satu produknya, Termorex Obat Sirup 60 ml dengan nomor izin edar DBL7813003537A1 ditarik peredarannya di seluruh Indonesia oleh BPOM RI.

BPOM menarik izin edar obat sirup merek Termorex 60 ml tersebut yang diproduksi PT Konimex ini karena terbukti mengandung Etilen Glikol (EG) melebihi ambang batas aman yang diduga jadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Atas penarikan peredaran Termorex Obat Sirup 60 ml oleh BPOM, PT Konimex memastikan proses produksi produk tersebut akan dihentikan dan segera menarik produk yang sudah beredar di pasaran.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Terbaru Hari Dokter Nasional 2022, Dilengkapi Tutorial Pasang di Media Sosial

“Sebagai wujud kepatuhan PT Konimex, saat ini kami tengah mempersiapkan langkah untuk melakukan penghentian produksi, distribusi, dan penarikan kembali (recall) produk Termorex Sirup 60 ml dengan nomor batch: AUG22A06, sesuai surat edaran dari BPOM,” kata Chief Executive Officer PT Konimex Rachmadi Joesoef dalam keterangan tertulisnya, Jumat 21 Oktober 2022.

Ia menegaskan pula bahwa seluruh obat dalam bentuk sirup lainnya yang diproduksi Konimex tidak menggunakan bahan baku EG dan Dietilen Glikol (DEG).

Konimex, lanjutnya, senantiasa memastikan bahan baku yang digunakan selama puluhan tahun, memenuhi persyaratan sesuai buku standar obat yang dikeluarkan oleh badan resmi Pemerintah (Farmakope).

Baca Juga: Asisten Pelatih Persib Bandung Manuel Cascallana Belajar Bahasa Indonesia

“PT Konimex juga senantiasa mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan pihak berwenang, guna memastikan semua lini produk kami aman dikonsumsi masyarakat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x