Akui TGIPF Temukan Akar Masalah Penyebab Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD: Ada Rekomendasi Khas dari Komnas HAM

- 13 Oktober 2022, 07:32 WIB
Menko Polhukam sekaligus ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan Mahfud MD.
Menko Polhukam sekaligus ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan Mahfud MD. /Dok Setkab

PRFMNEWS – Menko Polhukam Mahfud MD sekaligus Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mengaku sudah menemukan akar masalah penyebab Tragedi Kanjuruhan bisa terjadi hingga menewaskan ratusan orang.

Mahfud MD mengatakan temuan TGIPF terkait akar masalah pemicu terjadinya Tragedi Kanjuruhan ini juga ditemukan oleh tim investigasi Komnas HAM.

Mahfud MD meyakini temuan TGIPF tentang faktor utama penyebab Tragedi Kanjuruhan ini adalah benar setelah melakukan cek silang dengan hasil investigasi Komnas HAM.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Rizky Billar Sebagai Tersangka Kasus KDRT Terhadap Lesti Kejora

Mahfud menilai hasil investigasi Komnas HAM yang juga ditemukan TGIPF dalam Tragedi Kanjuruhan ini akan menghadirkan suatu rekomendasi yang khas untuk perbaikan persepakbolaan Indonesia ke depan.

"Kita juga sudah mendiskusikan dan melakukan cross check temuan dengan Komnas HAM. Ada kemungkinan Komnas HAM merekomendasikan sesuatu yang khas sesuai dengan kewenangannya. Apa itu? Nanti saja, biar Komnas HAM yang mengumumkan," ujar Mahfud dalam keterangan di akun Instagram pribadinya, Rabu 12 Oktober 2022.

Baca Juga: Ditagih Presiden Jokowi, Mahfud MD Ungkap Jadwal Setor Laporan Hasil Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Lebih lanjut Mahfud mengatakan temuan TGIPF akan diumumkan ke publik setelah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu dilakukan lantaran pembentukan tim khusus tersebut dilandaskan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2022 tentang TGIPF Peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x