Jamin Penyaluran BLT BBM 2022 Tepat Sasaran dan Transparan, Mensos Terapkan 3 Langkah ini

- 8 September 2022, 20:15 WIB
BLT BBM 2022 dijamin oleh Mensos Tri Rismaharini bakal tepat sasaran dan transparan.
BLT BBM 2022 dijamin oleh Mensos Tri Rismaharini bakal tepat sasaran dan transparan. /Tangkap layar instagram.com/@kemensosri

PRFMNEWS - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjamin penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM 2022 tepat sasaran kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang memang berhak dan prosesnya transparan.

Mensos Risma mengatakan, Kementerian Sosial (Kemensos) menerapkan tiga langkah strategis untuk memastikan BLT BBM 2022 senilai Rp600 ribu per KPM ini cair sesuai target dan tepat sasaran.

Risma mengaku, pihaknya sudah dalam proses membagikan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa BLT BBM ini, di luar bansos regular sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar daya beli masyarakat tetap stabil.

Baca Juga: Dua Bahan Rempah Ampuh Sembuhkan Asam Urat dengan Cepat, Ungkap dr. Zaidul Akbar

“Total sebanyak 20,65 juta KPM yang kita bantu (disalurkan BLT BBM) dengan nilai total Rp. 12,4 triliun," kata Risma, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulisnya.

Terkait mekanisme penyaluran BLT BBM 2022, Mensos menjelaskan, akan dilakukan dua tahap, tahap pertama dicairkan untuk 2 bulan Rp300 ribu pada September 2022, dan tahap kedua dicairkan 2 bulan Rp300 ribu pada Desember 2022.

“Penyaluran bisa dilakukan di Kantor Pos terdekat, kantor kelurahan atau tempat yang disetujui oleh komunitas yang berada di lokasi terpencil dan door to door atau home visit bagi penerima manfaat yang merupakan lansia maupun penyandang disabilitas,” jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Siap Kebut Penuhi Persyaratan dari FIFA untuk Penylenggaraan Piala Dunia U20

Risma lanjut menjelaskan langkah-langkah strategis penyaluran BLT BBM tepat sasaran. Pertama, dengan melakukan sistem updating Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) setiap bulan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x