Ikut Lapak Ganjar, UMKM Hidroponik Tegal Berkembang, Hingga Bisa Santuni Yatim dan Gandeng Pemuda jadi Petani

- 20 Agustus 2022, 21:02 WIB
Firman, pelaku UMKM Hidroponik asal Desa Bojong Kabupaten Tegal sukses berkat dukungan Lapak Ganjar.
Firman, pelaku UMKM Hidroponik asal Desa Bojong Kabupaten Tegal sukses berkat dukungan Lapak Ganjar. /

PRFMNEWS - UMKM tanaman hidroponik asal Desa Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, benar-benar merasakan manfaat berkat ikut program Lapak Ganjar. Mulai dari berkembangnya usaha, sehingga hasilnya bisa untuk menyantuni anak yatim, serta mampu menggandeng pemuda untuk bersama jadi petani.

Cerita inspiratif itu diungkapkan oleh pemilik UMKM tanaman Bojong Hidroponik, M Firmansyah di tempat greenhouse-nya di kaki Gunung Slamet, Jalan H Sulaiman RT 06 RW 01, Desa/Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

"Setelah direpost di Instagramnya pak Ganjar, Alhamdulilah banyak manfaatnya di usaha saya. Terutama di bidang usaha saya di edukasi petanian," kata Firman, sapaan akrabnya.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes yang Disarankan oleh dr. Saddam Ismail

Firman, pelaku UMKM Hidroponik asal Desa Bojong Kabupaten Tegal sukses berkat dukungan Lapak Ganjar.
Firman, pelaku UMKM Hidroponik asal Desa Bojong Kabupaten Tegal sukses berkat dukungan Lapak Ganjar.

Menurutnya, usai di-repost Lapak Ganjar, melalui pesan di Instagram (direct messages atau pesan langsung), banyak orang yang bertanya tentang usahanya. Mulai dari cara bertani sampai cara berbudidaya hidroponik. Terutama mereka para pemuda generasi milenial yang ingin menjadi petani.

Firman pun memanfaatkan tempatnya menjadi kedai kopi, yang sekaligus menjadi tempatnya berbagi informasi tentang pertanian ke para petani muda tersebut. "Lumayan banyak untuk pemuda ada 5-25 orang. Seperti komunitas sekarang. Jadi bisa dibilang 5-25 orang. Kita saling sharing, saling kontribusi tentang stok saat kosong bisa supply kolaborasi mempertahankan usaha. Kita tukar ide dan inovasi agar usaha berkembang dengan baik," tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Firman, usahanya juga mendapatkan banyak pesanan terutama untuk pembuatan jasa pembuatan instalasi untuk pertanian hidroponik. Adapun untuk pemasaran, produknya juga berhasil menembus pasar modern seperti mal di Kota Tegal.

Baca Juga: 6 Cara Alami Ini Ampuh Atasi Kolesterol, Nomor 5 dengan Pengobatan Tradisional, kata dr. Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x