Jangan Download, ini 27 Daftar Aplikasi Android Berbahaya yang Incar Data Penting di Ponsel Kamu

- 11 Agustus 2022, 08:15 WIB
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ungkap 27 aplikasi yang berbahaya jika diinstal di HP.
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ungkap 27 aplikasi yang berbahaya jika diinstal di HP. /Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri

PRFMNEWS- Berikut 27 daftar aplikasi di Android yang diketahui cukup berbahaya, karena mengincar data penting di ponsel penggunanya.

Baru-baru ini akun Instagram Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menginformasikan 27 daftar aplikasi android berbahaya yang incar data penting penggunanya.

“Sobat siber, waspada dengan beredarnya aplikasi-aplikasi yang telah disusupi trojan adware yang ada di Google Play Store,” tulis akun Instagram @ccicpolri seperti dikutip prfmnews.id pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Baca Juga: Waspada Aplikasi Palsu yang Terlihat Seperti Asli, Sudah Disusupi Malware Berbahaya, Ada WhatsApp Hingga Zoom

Diketahui bahwa 27 aplikasi di android yang dinyatakan berbahaya itu telah di download oleh hampir 10 juta pengguna.

Aplikasi-aplikasi tersebut diketahui ditemukan di Google Play Store yang mendistribusikan adware.

Malware disusupkan dengan tampilan iklan, yang bertujuan untuk menipu korban agar memberikan izin aplikasi yang mengakses data dan menayangkan iklan.

Agar tidak diketahui korban, trojan adware ini menyembunyikan ikon aplikasi yang di download, atau mengganti ikon lain yang mungkin dianggap normal oleh korban, seperti ikon SIM Tookit.

Baca Juga: Jangan Instal, Ini 17 Daftar Aplikasi yang Bisa Lenyapkan Uang di Akun Mobile Banking Kamu

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x