Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Jalani Tes Dinamis November 2022

- 5 Agustus 2022, 17:15 WIB
Sarana Kereta Api Cepat Jakarta Bandung akan tes dinamis pada November 2022.
Sarana Kereta Api Cepat Jakarta Bandung akan tes dinamis pada November 2022. /KAI

PRFMNEWS - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dikirim dari Tiongkok ke Indonesia, pada Jumat, 5 Juli 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, ditargetkan pada November 2022 atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, KCJB sudah menjalani Tes Dinamis.

“Proyek ini merupakan wujud persahabatan Indonesia-Tiongkok yang selalu dibahas dalam pertemuan kedua Negara,” ujarnya saat menghadiri kegiatan Penyelesaian Manufaktur EMU Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung secara daring, Jumat , 5 Juli 2022 yang dilansir prfmnews dari ANTARA.

Baca Juga: Inilah 5 Masalah Kesehatan yang Timbul Karena Sering Menahan Buang Air Kecil

Untuk itu, Menhub memberi dukungan terhadap proyek KCJB tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

“KCJB mengadopsi teknologi tinggi, yaitu Grade of Automation (GOA) Level 1 dan memiliki desain yang ramping sehingga dapat mendukung akselerasi atau kecepatan dari kereta yang bisa mencapai 350 km per jam,” jelasnya.

Menhub juga menambahkan, KCJB akan melayani sebanyak 68 perjalanan setiap harinya dan berhenti di lima stasiun.

“Waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu 36 menit hingga 45 menit. Sebelumnya membutuhkan kurang lebih 2,5 jam untuk sampai tujuan,” ungkapnya.

Kehadiran KJCB sebagai transportasi massal yang ramah lingkungan, dengan tingkat keselamatan dan keamanan yang baik serta efisiensi waktu, diharapkan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk lebih memilih menggunakan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x