Apa Itu Program Indonesia Bersih yang Katanya Mampu Membuka Ribuan Lapangan Kerja Baru

- 18 Mei 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi lingkungan perkotaan.
Ilustrasi lingkungan perkotaan. /Pixabay/DavidRockDesign/

PRFMNEWS - Pemerintah mengadakan Program Indonesia Bersih yang bekerja sama dengan NGO The Alliance to End Plastic Waste.

Program Indonesia Bersih ini diyakini pemerintah bisa membuka ribuan lapangan kerja baru, hasil kerja sama dengan The Alliance to End Plastic Waste.

Setidaknya akan ada 3.000 lapangan kerja baru dari Program Indonesia Bersih kolaborasi antara pemerintah dengan NGO yang bergerak dalam kepedulian lingkungan tersebut.

"Sistem ini diharapkan dapat menciptakan lebih dari 3.000 lapangan pekerjaaan dan memunculkan kolaborasi masyarakat serta dari dunia pendidikan," ucap Presiden dan CEO The Alliance, Jacob Duer, seperti dikutip prfmnews,id dari Antara.

Baca Juga: Polemik Gala Dinner Miyabi, Ini Sikap Tegas Wagub DKI Jakarta

Program Indonesia Bersih ini menurut Jacob Duer adalah program yang membangun layanan pengumpulan sampah pada tingkat rumah tangga dan fasilitas pemilahan, pemrosesan, serta daur ulang.

Titik pertama yang akan menjalankan program ini adalah Kabupaten Malang, dengan kucuran dana pertama berjumlah 29 Juta USD dan akan ditanggung oleh The Alliance.

Dari data, produksi sampah di Kabupaten Malang mencapai 1.300 Ton per hari dan 474 Ribu ton dalam setahun, 15,19 Persen adalah sampah plastik. Itu dihasilkan dari 2,6 Juta penduduk yang ada.

Baca Juga: Minta Bantuan Petugas Damkar, Cincin Warga Ini Tak Bisa Lepas karena Menyatu dengan Kulit

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x