Belum Sidang Isbat, Beberapa Daerah di Indonesia Sudah Rayakan Lebaran Hari Ini

- 1 Mei 2022, 13:50 WIB
Ilustrasi. JADWAL SIDANG ISBAT Idul Fitri 1443 H Menentukan Lebaran 2022, Sore Hari Ini Digelar Pemerintah.
Ilustrasi. JADWAL SIDANG ISBAT Idul Fitri 1443 H Menentukan Lebaran 2022, Sore Hari Ini Digelar Pemerintah. /kemenag.co.id/

PRFMNEWS - Penentuan 1 Syawal 1443 H untuk menetapkan Hari Raya Idul Fitri sejatinya melalui sidang Isbat yang akan digelar Kemanterian Agama hari ini, Minggu 1 Mei 2022 atau tepat 29 Ramadhan.

Meskipun Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh esok hari, 2 Mei 2022 , namun pemerintah akan tetap melangsungkan sidang Isbat pada sore hari ini untuk menetapkan Hari Raya Idul Fitri.

Diprediksi akan merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah secara bersamaaan, namun ternyata tetap ada yang sudah melaksanakan Sholat Ied pada hari minggu ini, meskipun tak berdasarkan sidang Isbat.

Baca Juga: Pengakuan Pemudik Tempuh Perjalanan Mudik 2022 Hanya 6 Jam, Depok ke Sumedang Lewat Jalur Puncak

Dirangkum dari berbagai artikel di Antara, tentang pemberitaan beberapa daerah yang sudah melaksanakan Sholat Ied hari ini seperti berikut.

1. Tiga Negeri di Maluku Tengah

Wakal, Hila dan Kaitetu menjadi 3 Negeri di Maluku Tengah yang sudah melaksanakan Sholat Ied hari minggu ini, menandakan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Mengikuti perhitungan dari orang tua terdahulu dan turun temurun, mereka menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari ini, Minggu, 1 Mei 2022.

"Perhitungan Hijriahnya menurut bulan. Hari kita punya kalender Hijriah itu dari awal tidak pernah salah. Kalendernya memang ada," ucap Abdul Kadir Ollong, Khatib Hila.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x