Apa itu Mutasi Tour of Area? Hukuman Kapolda Metro Jaya bagi Aipda Rudi yang Marahi Korban Rampok Rawamangun

- 15 Desember 2021, 21:43 WIB
Kapolda Metro Jaya marah besar atas kelakuan Aipda Rudi Panjaitan yang menolak laporan warga.
Kapolda Metro Jaya marah besar atas kelakuan Aipda Rudi Panjaitan yang menolak laporan warga. /Tangkap Layar Instagram @kapoldametrojaya

PRFMNEWS - Hukuman mutasi ‘tour of area’ diberikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran kepada anggota Polsek Pulogadung Aipda Rudi Panjaitan, yang marahi korban rampok di Rawamangun, Jakarta Timur (Jaktim), saat melapor.

Hukuman mutasi ‘tour of area’ sebagai bentuk ketegasan Fadil atas anggotanya yang tidak disiplin melaksanakan tugas serta telah menodai kemurnian profesi sebagai polisi pelindung dan pengayom masyarakat.

‘Tour of Area’ atau disingkat TOA adalah mutasi anggota berdasarkan daerah penugasan, seperti dikutip prfmnews.id pada Rabu, 15 Desember 2021 dari Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Mutasi Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Kata Ustadz Adi Hidayat, Sholat Isya pada Jam Ini Bisa Menjadi Dosa, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Itu artinya, Aipda Rudi yang diberi hukuman mutasi ‘tour of area’ oleh Kapolda Metro Jaya, harus keluar dari daerah penugasan awal yakni Polda Metro Jaya. Sementara istilah mutasi adalah pemindahan anggota dari suatu jabatan ke jabatan lain atau antar daerah.

Hingga berita ini ditulis pada Rabu, 15 Desember 2021 pukul 21.00 WIB, belum diketahui lokasi mutasi ‘tour of area’ yang diberikan kepada Aipda Rudi.

Diketahui, Aipda Rudi merupakan anggota Polsek Pulogadung, Jaktim yang disebut menolak dan memarahi seorang wanita korban perampokan yang terjadi di Rawamangun, Jaktim pada Jumat, 10 Desember 2021 lalu.

Atas aksi tidak terpujinya itu, Kapolsek Pulogadung AKP David Richardo Hutasoit dan Aipda Rudi sempat mendatangi rumah korban untuk meminta maaf secara langsung.

Meski demikian, kabar tak mengenakan anggotanya tersebut sampai ke telinga Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x