Ikut Pelatihan BRI, UMKM Keripik Ini Raup Omzet Rp100 Juta per Bulan

- 23 November 2021, 19:03 WIB
WOH CHIPS, UMKM hasil pembekalan dan pelatihan BRI
WOH CHIPS, UMKM hasil pembekalan dan pelatihan BRI /dok BRI

PRFMNEWS - Suryaningsih tidak menyangka, usaha keripik kecil-kecilan miliknya yang ia rintis sejak 2017 sekarang sudah sukses meraup untung omzet hingga Rp100 juta per bulan.

Perempuan asal Malang itu pada awalnya hanya menjual keripiknya ke teman-temannya saja. Namun setelah mengikuti pelatihan dari BRI, usaha Suryaningsih mulai terkenal dan berkembang besar.

“Saya memulainya sejak November 2017 lalu karena saya itu orang Malang yang dimana tiada hari tanpa kerupuk dan keripik terutama keripik tempe,” kata Suryaningsih.

Baca Juga: Pertumbuhan Kredit UMKM BRI Dorong Perbaikan Kredit Perbankan Nasional

Seiring berjalannya waktu, karena Suryaningsih rajin mengikuti pelatihan dan pembinaan dari BRI terkait UMKM, produknya sempat ikut dalam pameran ke Malaysia dan Singapura.

Namun dia mengaku sempat tak percaya diri, karena kemasan produknya masih sangat sederhana jika dibandingkan produk UMKM asal negara lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, hingga Vietnam.

“Dari situ saya belajar bahwa ternyata kita itu dipandang sebelah mata, karena packaging kita jelek dan waktu itu packaging saya hanya baru pakai plastik bening dan stiker. Saya merasa tertantang, masa UMKM kita tidak bisa,” ujarnya.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Ajak UMKM Urus SNI: UMKM Harus Terus Bergerak Agar Pemerataan Ekonomi Tercapai

Belajar dari pengalaman tersebut, Suryaningsih mengembangkan brand dengan nama WOH CHIPS. Kata ‘WOH’ sendiri berasal dari Bahasa Jawa ‘woh-wohan’ yang berarti buah-buahan. Suryaningsih berharap produk dengan brand tersebut bisa berbuah bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain. Akhirnya dia mulai memperbaiki design dan packaging secara perlahan, hingga akhirnya bisa memiliki brand WOH CHIPS seperti saat ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x