Kemenkes Ungkap Efektivitas Vaksin Terhadap Corona Varian India

- 22 Juni 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi Corona di India.
Ilustrasi Corona di India. /- Foto : Freepik/


PRFMNEWS - Berbagai Corona varian baru sudah bermunculan di Indonesia, di antaranya adalah B1117 dari Inggris (Varian Alpha), B1351 dari Afrika Selatan (Varian Beta), dan B1617 dari India (Varian Delta).

Dengan ditemukannya beberapa kasus dari varian baru menimbulkan kekhawatiran vaksin Covid-19 tidak cukup efektif menangkal varian baru tersebut.

Terkait ini, Kementerian Kesehatan menyatakan vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia saat ini masih efektif untuk melawan varian baru Corona.

Baca Juga: Nakes Kewalahan, Jabar Buka Pendaftaran Relawan Medis Covid-19

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menegaskan, vaksin seperti Sinovac masih efektif untuk Corona varian Alpha dan Delta. Namun memang ada pengurangan efektivitas untuk varian Beta.

"Yang kita ketahui pengaruh varian baru terhadap vaksin kecuali untuk varian 1351 atau Beta, untuk yang lainnya itu belum ditemukan cukup bukti mempengaruhi vaksin," ujar Nadia saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 22 Juni 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Corona Varian India Sudah Menyebar di Jabar, Ditemukan di Karawang dan Depok

Berdasarkan laporan medis, Nadia menjelaskan ada penurunan efektivitas vaksin untuk menangkal varian B1351 dari Afrika Selatan.

Namun ia memastikan penurunan efektivitas itu masih dalam ambang batas aman yakni tetap memberikan perlindungan bagi penerima vaksin.

Baca Juga: Catat Nih! Ikuti Vaksinasi Massal di Kota Bandung pada Sabtu 26 Juni 2021, Pakai Vaksin Sinopharm

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x