Antisipasi Lonjakan Kasus Setelah Lebaran, Pemerintah Siapkan Ribuan Tempat Isolasi dan ICU Pasien Covid-19

- 17 Mei 2021, 14:00 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, ribuan tempat isolasi dan ruang ICU pasien covid-19 telah disiapkan untuk antisipasi lonjakan kasus covid-19 setelah libur lebaran.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, ribuan tempat isolasi dan ruang ICU pasien covid-19 telah disiapkan untuk antisipasi lonjakan kasus covid-19 setelah libur lebaran. /BPMI

PRFMNEWS - Data menunjukan kasus covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan setiap setelah ada liburan.

Oleh karena itu, pemerintah pun kini mengantisipasi kenaikan kasus covid-19 pasca libur lebaran dengan menyiapkan puluhan tempat tidur untuk pasien covid-19.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Indonesia ada sekitar 70 ribu tempat tidur untuk pasien covid-19, dan 20 ribu di antarnya sudah terisi.

Baca Juga: Tim SAR Lanjutkan Pencarian Wisatawan yang Hilang di Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

"Antisipasi sudah kita lakukan. Total tempat tidur tersedia isolasi untuk pasien covid secara nasional ada 70 ribu, keterisiannya sampai sekarang 20 ribu, jadi masih ada cadangan 50 ribu," kata Budi dalam keterangannya di Istana Kepresidenan hari ini, Senin 17 Mei 2021.

Tak hanya tempat isolasi mandiri. Pemerintah juga telah menyiapkan ruang ICU untuk pasien covid-19.

Baca Juga: Terjadi Peningkatan Kasus di Sumatera, Pemerintah Pantau Mobilitas Penduduk dari Sumatera ke Jawa

"Kita sekarang seluruh Indonesia memiliki 7.500 tempat tidur ICU untuk covid, dan perkemarin yang sudah terisi adalah 2.500," jelasnya.

Budi berharap pascalebaran ini penambahan kasus covid-19 di Indonesia tak terlalu tinggi, sehingga tempat tidur dan ICU yang disediakan untuk pasien covid-19 tidak digunakan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x