Pengamat Ekonomi: Wacana BLT Jadi Transfer Adalah Kebijakan Paling Efektif

- 24 Desember 2020, 11:08 WIB
Foto arsip: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) memaparkan proses pembangunan Pasar Turi Surabaya saat rapat dengar pendapat dengan Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 29 November 2016. Presiden Joko Widodo menugaskan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial.
Foto arsip: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) memaparkan proses pembangunan Pasar Turi Surabaya saat rapat dengar pendapat dengan Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 29 November 2016. Presiden Joko Widodo menugaskan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. /ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ama/wsj./ANTARAFOTO


PRFMNEWS - Pengamat Ekonomi, Acuviarta Kartabi menilai wacana Mensos Tri Rismaharini menghapus BLT menjadi transfer adalah kebijakan paling efektif.

Mengapa efektif? karena mekanisme penyalurannya berbasis digital alias melalui rekening ke masing-masing penerima.

"Ini paling efektif dibandingkan mekanisme tunai, atau non tunai dalam bentuk barang. Memang tidak akan 100 persen efektif, karena persoalannya lebih di pada validasi data," ujar Acuviarta saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 23 Desember 2020.

Baca Juga: Kini Masuk Tempat Hiburan Malam di Kota Bandung Wajib Tunjukan Hasil Negatif Rapid Test Antigen

Baca Juga: Risma Mau Hapus BLT Jadi Transfer, Pengamat: Bereskan Dulu Masalah Data

Namun ia menekankan perbaikan data penerima yang sebaiknya dilakukan juga secara digital. Pasalnya, masalah pendataan ini sudah bertahun-tahun tidak juga selesai.

"Validasi data harus dilakukan dengan cepat dan tidak bisa hanya mengandalkan data kependudukan atau catatan sipil, RT RW saja, harus menjaring dari beberapa hal," sambungnya.

Terkait solusi bagi masyarakat yang tidak punya rekening dan sulit terjangkau bank, Acuviarta mengatakan persoalan in bisa diantisipasi dengan memanfaatkan branchless banking atau pengunaan agen daerah yang dikenal laku pandai.

Baca Juga: AC Milan Tutup Tahun 2020 dengan Tanpa Kekalahan di Serie A Liga Italia

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x