Kepatuhan Protokol Kesehatan Rendah, Psikolog Sebut Harus Dilihat dari Sisi Individu dan Kebijakan

- 15 Desember 2020, 13:01 WIB
Kanitlantas Polsek Margaasih AKP Yudhi Hariyanto saat memberikan masker kepada pengendara motor yang tidak menggunakan masker, Selasa 22 September 2020.
Kanitlantas Polsek Margaasih AKP Yudhi Hariyanto saat memberikan masker kepada pengendara motor yang tidak menggunakan masker, Selasa 22 September 2020. /Polsek Margaasih

PRFMNEWS - Kasus covid-19 di Indonesia setiap harinya masih saja bertambah. Bahkan merujuk pada data dari Satgas Penanganan covid-19 Indonesia menunjukan jika kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan mengalami penurunan.

Psikolog Keluarga dari Biro Psikologi Dandiah Care Center, Diah Mahmudah menilai, ada dua hal yang mempengaruhi kenapa orang menjadi tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini.

Menurutnya, selain dipengaruhi oleh faktor individu masyarakat, ternyata faktor kebijakan dari pemerintah pun turut memberikan dampak terhadap perubahan perilaku masyarakat.

Baca Juga: DPR Diminta Dorong dan Perjuangkan Pengangkatan Guru Madrasah Agar Bisa Jadi PNS atau PPPK

"Jika dilihat dari perilaku yang dalam tanda kutip sembrono, terus menyepelekan, memang faktor dari individu tentu saja dominan. Tapi juga sistem yang diterapkan pemerintah di mana di sini ada kebijakan mulai dari manajemennya mulai dari perencanaan, organisasi, sampai ke pengawasan ini jadi bagian penting untuk mengendalikan perilaku masyarakat ini," ungkap Diah saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa 15 Desember 2020.

Oleh karena itu Diah menyatakan, jika persoalan kedisiplinan protokol kesehatan ini harus dilihat dari dua sisi yang berbeda yakni dari sisi individu masyarakat, dan juga dari sisi kebijakan yang diterapkan.

Baca Juga: Dugaan Upaya Penculikan Anak di Bandung Terekam CCTV, Orangtua Harap Waspada

Baca Juga: 15 Desember Mendatang, McDonald's Turut Meriahkan ShopeePay Day

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x