Hati-Hati ! Saat Hujan Petir Jangan Cas HP Bisa Tersambar Petir

- 23 Februari 2020, 06:43 WIB
ILUSTRASI petir pada musim penghujang datang
ILUSTRASI petir pada musim penghujang datang /Pixabay/

BANDUNG, (PRFM) - Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya mengingatkan masyarakat untuk waspada saat terjadi hujan petir. Pasalnya ketika petir menggelegar, ada potensi perpindahan muatan listrik dari awan ke permukaan tanah.

Oleh karena itu, masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan diharapkan berlindung di tempat yang aman dan menghindari bangunan atau benda yang lebih tinggi.

"Petir itu pindahan muatan listrik dari awan ke tanah. Maka dari itu kita sebaiknya tidak berada di luar ruangan atau hindari benda yang lebh tinggi, karena akan berpotensi tersambar petir," ujarnya saat oan air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu (22/02/2020).

Sementara itu, mengenai adanya potensi tersambar petir bila masyarakat menggunakan HP, kata Tony hal itu bisa saja terjadi.

"Kalau HP kan tidak ada kabelnya dan tidak terhubung dengan luar, kalau terhubung ke listrik atau sedang cas, bisa tersambar listrik. Makanya harus waspada. Karena ada potensi perpindahan muatan listrik," jelasnya.

Oleh karena itu, Tony mengimbau masyarakat bila sedang terjadi hujan disertai petir agar tidak mengecas hp agar terhindar dari potensi tersambar petir.

"Kalau ada sarana penangkal petir, tentu itu akan aman," tukasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah