Ternyata Bermain Lego Miliki Banyak Manfaat

- 5 November 2020, 15:07 WIB
Ilustrasi Lego
Ilustrasi Lego /Pxabay/Efraimstochter

PRFMNEWS - Anda pasti tahu permainan lego bukan? Permainan menyusun balok dengan bentuk beragam hingga menjadi suatu bangun yang utuh dan kokoh atau membentuk tokoh ini kerap dimainkan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain asik, penuh tantangan, dan menarik, ternyata bermain lego memiliki segudang manfaat yang baik untuk pengembangan keterampilan anak. Seperti dikutip dari Kiddiwinks, berikut penjelasannya untuk Anda:

1. Melatih Kerja Tim dan Komunikasi
Berbagi, mendiskusikan strategi pembangunan dan menetapkan peran menjadi bagian penting dari permainan lego. Hal itu baik untuk melatih kerja tim dan komunikasi anak. Bahkan dapat membantu meningkatkan perkembangan bahasa yang baik untuk keterampilan verbal.

Baca Juga: Gunung Merapi Naik Level Jadi Siaga, Bisa Erupsi Kapan Saja

2. Melatih Kesabaran dan Keterampilan Organisasi
Bermain lego juga dapat melatih kesabaran dan keterampilan organisasi anak. Sebab saat bermain lego, anak akan merencanakan, mengatur, kemudiannya melaksanakan hingga menjadi suatu bentuk atau bangunan.

Selain itu, ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, ini membantu mengajarkan ketekunan dan ketahanan anak. Karena saat tak sesuai rencana, anak akan kembali ke papan gambar dan memikirkan kembali rencana awal.

3. Pemecahan Masalah yang Konstruktif dan Pemikiran Lateral
Bermain lego dapat membuat kita berpikir kreatif untuk memecahkan masalah. Di antaranya memikirkan cara untuk mencegah menara lego yang bisa roboh kapan saja.

Baca Juga: Wakil Bupati Garut Sebut Kopi Garut Sudah Diekspor ke Banyak Negara

4. Wahana untuk Petualangan dan Eksperimen
Bermain lego dapat menawarkan ruang aman untuk bereksperimen, mencoba hal-hal yang belum pernah dicoba. Dalam menyusun lego, kegembiraan hingga kekecewaan dapat tercipta. Dan ini menjadi jenis ruang yang dibutuhkan anak untuk berpikir kreatif dan pemecahan masalah.

5. Pengembangan Keterampilan Motorik
Gerakan kecil dan tepat yang perlu dikoordinasikan bersama saat menyusun lego agar menjadi sebuah bentuk atau bangunan yang kokoh. Gerakan-gerakan tersebut akan membantu memperkuat keterampilan motorik anak.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Kiddiwinks


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x