Bolehkah Puasa Syawal Tapi Belum Membayar Utang Puasa Ramadhan?

- 24 April 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi puasa
Ilustrasi puasa /Freepik/8photo

PRFMNEWS - Bulan Syawal sebagai salah satu bulan yang diistimewakan dalam Islam. Banyak amalan yang bisa dilakukan oleh seseorang pada bulan Syawal ini. Salah satunya adalah puasa, dengan berbagai keutamaan yang ditawarkan, rasanya sayang jika tidak melaksanakan puasa pada bulan ini.

Begitu besarnya keutamaan puasa enam hari Syawal yang setara dengan puasa satu tahun ini, sampai-sampai banyak orang ingin menjalankan puasa Syawal meskipun hukumnya sunnah.

Namun, bagaimana bagi mereka yang masih memiliki utang puasa, apakah boleh melakukan puasa Syawal sebelum membayar utang puasa?Menurut Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, bagi yang memiliki utang puasa, sebaiknya diganti terlebih dahulu.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Syawal yang Menjadi Pelengkap Ibadah Ramadhan

Hukum Menggabungkan Qadha Puasa dan Puasa Syawal Enam Hari

Mengenai masalah menggabungkan puasa wajib (qadha puasa, puasa nadzar, puasa kafarat) dan puasa syawal enam hari ada dua pendapat dalam madzhab Syafii:

Pendapat pertama: Tidak boleh menggabungkan antara puasa wajib dan puasa enam hari Syawal karena masing-masing punya maksud tersendiri sehingga tidak bisa tadakhul dalam niat.

Pendapat kedua: Boleh menggabungkan antara niat qadha dan puasa enam hari Syawal. Karena maksud puasa Syawal adalah menyibukkan diri dengan puasa di bulan Syawal.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x