Bisakah Penderita Diabetes Tidak Minum Obat Seumur Hidup? Begini Syaratnya

- 20 September 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi obat diabetes.
Ilustrasi obat diabetes. /pixabay.com/qimono

PRFMNEWS - Penyakit diabetes adalah suatu penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Lantas apakah penderita diabetes tidak harus meminumnya seumur hidup?

Seperti yang dikutip dari kanal Youtube Cahyo Edukes, dr. Cahyo Purnomo memberi jawaban dari pertanyaan itu yaitu bisa iya bisa juga tidak.

Jadi bisa ya yaitu maksudnya adalah penderita diabetes harus minum obat seumur hidup yaitu ketika penderita diabetes ini sudah pernah mengalami komplikasi penyakit akibat diabetes. Jadi misalkan penderita diabetes ini sudah pernah mengalami penyakit stroke, sudah pernah mengalami serangan jantung, apalagi sudah mengalami gagal ginjal, sudah mengalami luka kaki diabetes yang tidak sembuh-sembuh, bahkan sudah sampai mengalami amputasi.

Baca Juga: Hasil Cek Gula Darah Sudah Normal? Lakukan Treatment dari dr. Cahyo ini agar Bisa Stop Minum Obat Diabetes

Jadi apabila seorang penderita diabetes sudah mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya disarankan minum obat seumur hidup supaya kadar gula darahnya selalu terkontrol sehingga kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit akibat diabetes ini bisa dicegah dan penderita diabetes tersebut bisa sehat sampai usia tua.

Kemudian penderita diabetes yang bisa tidak minum obat diabetes seumur hidup ketika kadar gula darahnya sudah terkontrol dengan baik, yaitu ditandai dengan kadar hba1c di bawah 6,5% tanpa minum obat-obatan dengan cara mengatur gaya hidup, mengatur pola makan.

Kemudian rajin berolahraga, menghindari rokok, menghindari alkohol, banyak makan sayur, banyak mengkonsumsi buah-buahan yang rendah beban glikemik, sehingga dengan melakukan pola hidup sehat ini kadar gula darah anda bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Khas Kota Bandung yang Wajib Kamu Beli, Salah Satunya Sudah Ada Sejak Tahun 1930

Selain kadar gula darahnya ini sudah terkontrol dengan baik, tentunya penderita diabetes tidak pernah mengalami komplikasi akibat penyakit diabetes.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah