Kebiasaan Minum Air Es bagi Orang Diabetes Bisa Bikin Gula Darah Naik? Begini Penjelasan dr. Cahyo

- 19 September 2022, 06:30 WIB
Ilustrasi, orang dengan penyakit diabetes minum air es bikin kadar gula darah naik? Simak penjelasan dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi, orang dengan penyakit diabetes minum air es bikin kadar gula darah naik? Simak penjelasan dokter Cahyo Purnomo. /ColiN00B/Pixabay

PRFMNEWS – Ada penderita diabetes mungkin sempat bertanya-tanya apakah kebiasaan minum air es atau air dingin menjadi salah satu pantangan yang harus dihindari karena bisa membuat gula darah naik.

Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo memberi jawaban tentang benarkah minum air dingin oleh orang diabetes berisiko meningkatkan kadar gula darah.

Kebiasaan minum air dingin bagi orang diabetes, kata dr. Cahyo Purnomo, memang bisa berpotensi membuat kadar gula darah naik, namun itu tergantung pada jenis minuman yang dikonsumsinya.

Baca Juga: Indonesia Kenalkan Bacuya Sebagai Maskot Piala Dunia U20 2023, Disetujui FIFA

Selama air es yang diminum orang diabetes ini murni hanya air putih tanpa tambahan pemanis atau bahan-bahan mengandung gula lainnya, maka tentu aman dan tidak akan menaikkan kadar gula darah.

“Faktanya air es tawar tidak mengandung kalori, tidak mengandung karbohidrat, dan tidak mengandung gula. Sehingga air es tawar tidak berisiko meningkatkan kadar gula darah,” katanya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Meski demikian, dr. Cahyo menuturkan bahwa kebiasaan minum air es dapat membuat daya kecap lidah terhadap rasa manis menjadi berkurang.

Baca Juga: Yuk Ingat Lagi, Begini Ternyata Asal Usul Nama Gedung Sate di Kota Bandung

Akibatnya, ketika penderita diabetes minum dan makan asupan yang mengandung gula maka dikhawatirkan dia akan lebih sulit mengontrol porsinya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x