Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Kacang Mete?

- 14 September 2022, 08:20 WIB
Kacang mete.
Kacang mete. /PEXELS/Sarath Raj


PRFMNEWS - Siapa yang tidak suka dengan kacang-kacangan satu ini. Ya kacang mete adalah kacang yang biasanya ada pada sebuah coklat lezat.

Kacang mete sangat terkenal, namun yang menjadi pertanyaan apakah kacang mete aman untuk kesehatan terutama untuk penderita diabetes?

Untuk penderita diabetes di mana kacang mete ini katanya bisa untuk menurunkan kadar gula darah penderita diabetes, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, bisa membantu menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, mencegah serangan jantung dan lain-lain.

Baca Juga: Walau Harganya Sedikit Mahal, Tapi Kacang Jenis ini Mampu Menjaga Gula Darah dan Kolesterol Tetap Stabil

Namun di sisi lain ini anda mungkin juga bertanya punya apakah aman makan kacang mete ini untuk penderita diabetes padahal kandungan karbohidratnya sangat tinggi.

Nah jadi seperti yang kita ketahui bahwasanya kacang mete ini adalah kacang yang tinggi kandungan karbohidrat di mana dalam 100 gr kacang mete ini terdapat kandungan karbohidrat sebesar 30,16 gr di mana seperti yang kita ketahui bahwasanya batas aman asupan karbohidrat dalam 1x makan untuk penderita diabetes ini hanya sekitar 40 sampai dengan 60 gr.

Jadi apabila kita sudah makan kacang mede nah ini tentunya separuh kebutuhan karbohidrat dalam 1x makan ini sudah dipenuhi oleh kacang mete ini tadi.

Baca Juga: Bolehkah Jengkol Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

Namun di sisi lain ini yang perlu anda ketahui bahwasanya ternyata kacang mete ini memiliki indeks glikemik yang rendah di mana hal ini mungkin berkaitan dengan kandungan serat yang cukup tinggi pada kacang mete sehingga penyerapan karbohidrat di dalam saluran cerna ini menjadi lebih lambat sehingga peningkatan kadar gula darah menjadi lebih lambat pula.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x