Kenapa Penderita Diabetes Dilarang Merokok? Ini Jawabannya

- 3 September 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi rokok. Penderita diabetes yang juga perokok punya risiko besar.
Ilustrasi rokok. Penderita diabetes yang juga perokok punya risiko besar. /Reuters/Christian Hartmann


PRFMNEWS - Kamu adalah seorang perokok? hati-hati karena jika kamu seorang perokok maka kamu akan berpeluang kena penyakit diabetes tipe 2 (T2D).

Bahkan peluang kamu yang menderita diabetes terkena diabetes tipe 2, presentasinya antara 30% sampai dengan 40% jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Selain itu jika kamu sudah terkena diabetes, merokok dapat mempersulit kamu untuk mengontrol gula darah. Tentunya hal tersebut juga dapat memperburuk masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Sering Pipis, Ini 6 Tanda Lainnya Seseorang Terkena Diabetes kata dr. Saddam Ismail

Bagaimana merokok bisa jadi penyebab diabetes?

1. Resistensi insulin. Nikotin mempersulit sel untuk merespons insulin. Padahal hormon itulah yang membantu tubuh menggunakan gula dalam darah. Jika terhambat dan gula tidak terbakar dalam tubuh, tubuh akan mendapatkan kadar glukosa yang lebih tinggi.

2. Peradangan. Bahan kimia dalam rokok merusak sel-sel tubuh. Ini bisa menyebabkan peradangan. Saat itulah tubuh mencoba menyembuhkan dirinya sendiri. Kerusakan semacam ini membuat tubuh lebih sulit untuk menggunakan insulin dengan cara yang benar.

3. Menumpuk lemak perut. Jika seseorang menjadi perokok berat, berat badan mungkin bertambah di sekitar bagian tengah tubuh.

Meskipun tidak kelebihan berat badan, lemak sentral ini dapat meningkatkan kemungkinan mengalami resistensi insulin dan T2D.

Baca Juga: Kenapa Perokok Aktif Bisa Tetap Hidup Sehat Meski Sudah Bertahun-Tahun Merokok, Begini Penjelasan dr. Sung

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: webMD


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x