Beri Rasa Aman, Petugas Khusus Masjidil Haram Diperkuat

- 29 Juni 2022, 18:15 WIB
Petugas khusus Masjidil Haram diperkuat pada musim haji tahun 2022 ini
Petugas khusus Masjidil Haram diperkuat pada musim haji tahun 2022 ini /M.Arief Gunawan/Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Menghadapi lonjakan jemaah haji, personel petugas di sektor Masjidil Haram Mekah terus diperkuat.

“Personel kita perkuat di Masjidil Haram demi memberikan rasa aman. Sebelumnya, sektor khusus Masjidil Haram personel 10. Saat ini ditambah 19 jadi 29 personel. Ini yang khusus personel dari TNI/Polri,” ujar Kepala Seksi Petugas dan Keamaaan Jemaah, Kolonel Muftil Umam, di ruang MCH Daker Mekah, Rabu 29 Juni 2022.

PPIH selama ini menggandeng personel khusus dari TNI/Polri untuk memberikan bantuan pengamanan jemaah selama pelaksanaan haji.

Baca Juga: Resep Mencegah Keputihan, dr Zaidul Akbar Bagikan Tips Gampang untuk Mengobati Keputihan

Muftil Umam menambahkan, selain perkuatan personel, sif jaga di Masjidil Haram juga ditambah. Jika sebelumnya hanya dua sif dengan durasi jaga masing-masing 12 jam, saat ini ditambah menjadi tiga sif dengan durasi jaga 8 jam.

Selain prajurit TNI/Polri, sektor khusus di Masjidil Haram juga diperkuat petugas lainnya. Total petugas di sektor khusus kini mencapai 80 orang.

Mereka tersebar di delapan titik masjid baik di dalam maupun di luar masjid. Di antaranya di lokasi tawaf, lokasi sai, pintu Babussalam, sekitar Tower Zamzam, serta tiga terminal bus yang ada di seputaran Masjidil Haram.

Hasil evaluasi sementara, masalah jemaah yang paling banyak terjadi di Masjidil Haram adalah lupa atau tidak tahu jalan pulang ke hotel.

Tahun ini, jemaah yang seperti itu mudah diarahkan karena rata-rata masih berusia muda di bawah 65 tahun dengan tingkat pengetahuan yang mencukupi.

Baca Juga: Resep Manjur Mengobati Kolesterol Menurut dr Zaidul Akbar, Segera Lakukan Berbagai Anjuran Berikut ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x