6 Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes, Nomor 2 Sering Kita Konsumsi

- 28 November 2021, 06:20 WIB
Tanda Diabetes pada Kulit, Ini Cara Mengobatinya Menurut Ahli. Foto:Ilustrasi diabetes pada kulit
Tanda Diabetes pada Kulit, Ini Cara Mengobatinya Menurut Ahli. Foto:Ilustrasi diabetes pada kulit /PIXABAY/Nastya Gepp

PRFMNEWS - Diabetes adalah sebuah penyakit, yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh atau disebut juga kencing manis.

Penderita diabetes ini biasanya adalah faktor keturunan dari keluarga atau bisa juga terjadi karena pola hidup yang kurang sehat.

Bagi penderita diabetes, gula darah bisa diserap atau tidak oleh tubuh tergantung pada apa yang kita konsumsi.

Baca Juga: Melahirkan Caesar dengan Metode ERACS, Seperti Apa Langkah Pemulihannya?

Karbohidrat adalah makanan atau minuman yang sering kali kita konsumsi, baik bagi penderita diabetes atau pun tidak. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, itu akan dicerna di saluran pencernaan lalu diserap oleh usus.

Menurut dr. Vania Utami, dari sekian banyak makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, itu ada yang mudah diserap dan juga sulit untuk diserap.

“Jika makanan mudah diserap, itu artinya meningkatnya gula darah lebih cepat. Tetapi sebaliknya, jika sulit untuk diserap maka meningkatnya gula darah akan lebih lama,” kata dr. Vania Utami.

Menurut dr. Vania Utami ada dua hal yang dapat membuat daya serap gula darah cepat atau tidak. Keduanya disebut dengan indeks glikemik tinggi dan indeks glikemik rendah.

Baca Juga: Akhirnya! Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung Sepakat Selesaikan Banjir di Terowongan Cibaduyut

Bila disebut indeks glikemik tinggi itu dikarenakan meningkatnya gula darah lebih cepat dan daya serapnya pun cepat. Begitu juga sebaliknya.

Apabila gula darahnya butuh daya serap lambat serta proses yang lama maka ini dinamakan indeks glikemik rendah.

Dia mengatakan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik lebih tinggi haruslah dihindari penderita diabetes.

Sebagaimana dikutip prfmnews.id dari laman YouTube Vania Utami hari ini Sabtu, 27 November 2021. Berikut 6 Makanan dan minuman dengan indeks glikemik tinggi yang perlu dihindari:

Baca Juga: Banjir Bandang Sergap Kampung Ciloa Garut, Beberapa Rumah Terendam

1. Roti tawar

Roti tawar ini adalah roti putih bukan roti gandum, ini pun harus dihindari penderita diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi. Anda bisa juga mengganti roti tawar putih ini dengan roti gandum, karena ada beberapa roti gandum khusus untuk penderita diabetes.

2. Nasi putih

Di dalam nasi terkandung glikemik yang tinggi, sehingga harus dihindari dari penderita diabetes. Anda pun bisa mengganti karbohidrat lain dengan nasi merah yang kandungan gulanya lebih rendah dari nasi putih.

3. Minuman bersoda

Kita tahu minuman bersoda ini, memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Apalagi minuman ini dibuat dengan pemanis buatan yang dimana di dalamnya mengandung sucralose sehingga dapat meningkatkan gula darah tinggi.

4. Teh manis

Sebenarnya mengkonsumsi teh saja tidak apa-apa, asalkan tidak menambahkan gula dalam teh. Karena gula juga dapat meningkatkan glikemik tinggi pada tubuh.

Baca Juga: Momen Bahagia Berujung Petaka, Dekorasi Pernikahan Terbakar Habis Kobaran Api yang Berasal dari Benda Ini

5. Kopi

Untuk mengkonsumsi kopi juga tidak ada salahnya, jika Anda meminum kopi espresso atau kopi hitam tanpa gula, akan tetapi apabila Anda meminum kopi dengan campuran susu, kopi karamel atau kopi aren ini yang bahaya dan meningkatkan gula darah naik.

6. Makanan manis dalam kemasan

Makanan kemasan manis pun harus dihindari dari penderita diabetes, apalagi makanan tersebut banyak mengandung coklat seperti wafer, permen, dan lainnya ini pun mengandung glikemik tinggi walaupun rasanya enak.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x