Cek Fakta : Diabetes Merupakan Penyakit Turunan?

- 11 November 2020, 07:15 WIB
Ilustrasi penyakit diabetes.
Ilustrasi penyakit diabetes. /PIXABAY

PRFMNEWS - Anda mungkin sudah tahu soal Diabetes. Ya, Diabetes merupakan penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

Di Indonesia sendiri diabetes masih menjadi momok menakutkan. Diabetes menjadi penyebab kematian ke-6 tertinggi di Indonesia.

Kepala Regional Bandung Klinik Jejaring Padjajaran, dr. Dhany Kartika Sari menyatakan ada beberapa tipe atau jenis dari Diabetes ini.

Baca Juga: Kampanye ShopeePay Deals Rp1 Lebih Meriah di 11 November

Diantaranya adalah tipe 1, dimana sistem daya tahan tubuh menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Kemudian Diabetes tipe 2, dimana sel beta di pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, atau sel-sel tubuh tidak menunjukkan respons terhadap insulin yang diproduksi.

Lalu Diabetes gestasional, yakni diabetes yang terjadi saat kehamilan. Serta yang terakhir adalah Diabetes tipe lain, yang dapat timbul akibat kelainan hormon, imunologi, infeksi, atau genetik lainnya.

Baca Juga: Perhatikan Perubahan Kulit Ini Sebagai Tanda-tanda Terkena Diabetes

Diabetes sendiri jika tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi, diantaranya jantung, stroke, obesitas, serta ginjal, dan saraf.

"Diabetes ini kan kumpulan penyakit, dia punya target organ dan dia akan menyerang bagian di butuh yang penting atau kita sebut komplikasi bahkan diabetes dapat menyebabkan kematian," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel dalam Talkshow Tanya Dokter, Selasa 10 November 2020.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x