Persib Ganti Hari Jadi dari 14 Maret 1933 Jadi 5 Januari 1919

- 18 Desember 2023, 15:00 WIB
Logo Persib.
Logo Persib. /Persib.co.id

PRFMNEWS - Selama ini Persib Bandung diketahui lahir pada 14 Maret 1933. Namun pada akhirnya hari jadi Persib Bandung ini berubah menjadi 5 Januari 1919.

Perubahan hari jadi Persib Bandung ini merupakan hasil dari riset yang dilakukan oleh Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D.

Pengumuman perubahan hari jadi Persib Bandung menjadi 5 Januari 1919 ini diumumkan langsung oleh CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita di Graha Persib Minggu, 17 Desember 2023.

Baca Juga: Tiga Pemain Persib Bandung Bakal Memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Glenn menerima langsung hasil tim peneliti Hari Jadi Persib dari ketua peneliti Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D.

Prof. Kunto menjelaskan, penetapan tanggal 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib dilakukan setelah tim peneliti yang beranggotakan Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P. dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA, bekerja cukup lama melakukan riset sejarah dengan merujuk pada sumber primer dan sumber sezaman.

"Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh PERSIB karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi PERSIB pada tanggal 14 Maret 1933," jelas Prof. Kunto.

Selain itu, narasi yang menyebutkan bahwa Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) merupakan salah satu dari tujuh perserikatan (bond) pendiri PSSI pada 19 April 1930 menjadi alasan lain timnya melakukan kajian ilmiah dan riset hari jadi ini. Logikanya, tegas Prof. Kunto, sebagai salah satu pendiri PSSI, Persib harus lahir terlebih dulu dari yang dilahirkannya.

Baca Juga: Latihan di Gelora Trisakti, Persib Bandung Matangkan Taktik Sebelum Lawan Bali United

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x