HUT Persib Tanggal 14 Maret Diragukan Beberapa Pihak, Sejarawan Unpad Siap Lacak Kebenarannya

- 7 September 2023, 10:30 WIB
Logo Persib Bandung
Logo Persib Bandung /Persib.co.id

PRFMNEWS - Persib Bandung sudah lama diketahui berulang tahun setiap tanggal 14 Maret. Namun begitu, ada beberapa pihak yang ragu dengan keabsahan hari jadi Persib jatuh pada 14 maret.

Keraguan itu muncul karena sejauh ini bukti otentik yang melatari penetapan 14 Maret 1933 sebagai hari lahir Persib tak kunjung ditemukan.

Dengan adanya keraguan ini maka sejarawan yang juga guru besar dari Universitas Padjajaran (Unpad) akan menyelidiki kebenaran hari jadi Persib apakah pada 14 Maret atau bukan.

Baca Juga: Persib Jenguk Bobotoh Korban Kekerasan Suporter Usai Nobar di Bogor

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Dr. Kunto Sofianto, Ph.D. Guru Besar dengan Bidang Kepakaran Sejarah Kota, Keagamaan, dan Seni ini mengaku sudah cukup lama memiliki niat untuk menjawab keresahan tersebut melalui sebuah riset.

"Sebenarnya, apa yang saya rasakan ini muncul hampir bersamaan dengan keresahan teman-teman jurnalis dan pegiat literasi yang setiap bulan Maret datang hampir selalu mempertanyakan, dan bahkan membuat laporan khusus, tentang kebenaran hari ulang tahun Persib pada 14 Maret 1933," kata Prof. Kunto dalam keterangan resmi yang diterima prfmnews.id.

Prof Kunto mengakui, dari berbagai literasi yang pernah dibacanya, ia belum mendapatkan bukti otentik yang menjadi dasar penetapan 14 Maret 1933 sebagai hari jadi Persib, baik akta pendirian perkumpulan, berita acara, surat, dokumen lain, atau bahkan sekedar kliping media pada masa itu yang bisa menguatkan. Selain bukti otentik, Kunto mengaitkan tanggal pendirian Persib dengan PSSI pada 19 April 1930.

Baca Juga: I Made Wirawan Bakal Berpartisipasi dalam Pertandingan Persib All Stars vs BVB Legends

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x